What's new

MENJADI PETANI

#1
Rabu, 27 Juli 2016

Menjadi Petani

Bacalah Yohanes 4:35-38. Apakah yang Yesus katakan kepada kita di sini tentang Iangkah-Iangkah berbeda yang diperlukan dalam menjangkau jiwa-jiwa?
__________________________________________
Pekerjaan seorang petani adalah beragam. Jenis-jenis pekerjaan pertanian lainnya harus dikerjakan sebelum panen bisa menjadi berlimpah (Mat. 9:35-38). Bukan hanya penuai-penuai yang dibutuhkan dalam ladang tuaian Tuhan. Bisa Anda bayangkan seorang petani pada saat panen berkata kepada buruh taninya, "Musim panen di sini, jadi kita harus mulai menanam benih"? Menuai paling baik dilakukan setelah sepanjang waktu Anda telah bertani.

Bertani termasuk menyiapkan tanah, karena tidak semua tanah adalah tanah yang baik pada awalnya. (Bacalah Mat 13:3-9). Apakah yang gereja Anda lakukan dalam masyarakat untuk melembutkan "tanah yang keras" dan menyingkirkan "batu-batu" dan "duri-duri?"
__________________________________________
Para pekerja telah melakukan pekerjaan pertanian yang sulit sebelum panen, dan pekerja yang lain menuai keuntungan dari pekerjaan mereka. Kadang-kadang strategi penginjilan jangkauan keluar telah lebih menekankan tuaian daripada persiapan pertanian yang mereka lakukan. Ini bukan bagaimana seharusnya itu dilakukan. Tanah harus dipersiapkan jauh sebelum penginjil muncul dan mulai berkhotbah dengan harapan menuai panen.

Kita harus melihat pekerjaan di ladang tuaian sebagai sebuah proses: Pengujian tanah, menyiapkan/mengolah tanah, menanam, menyiram, pemupukan, memerangi hama, menunggu, menuai, memelihara hasil panen.

Menuai panen hanyalah satu bagian dari proses. Dalam gereja, proses "pertanian" dapat mencakup aktivitas pengujian tanah, seperti survei pengkajian kebutuhan masyarakat, populasi penduduk, dan wawancara dengan tokoh masyarakat. Akan ada aktivitas menyiapkan atau mengolah tanah, seperti memenuhi kebutuhan yang dirasakan dalam masyarakat yang diungkapkan oleh pengkajian masyarakat, aktivitas penanaman benih, seperti seminar, pendalaman Alkitab, dan kelompok kecil; berdoa bagi hujan Roh Kudus. Sedikit orang dimenangkan bagi Kristus bila hanya dengan satu kegiatan pembuka. Kita perlu memelihara mereka dengan sebuah proses pembukaan yang beragam, meningkatkan kemungkinan bahwa mereka akan siap untuk panen. Jika kita hanya bergantung pada kegiatan-kegiatan yang terpencar-pencar, tidak mungkin tanaman-tanaman baru akan bertahan sampai panen.

Peran apakah yang Anda harus mainkan dalam seluruh proses memenangkan jiwa, sebagai Iawan kepada peran, jika ada, yang Anda sekarang terlibat di dalamnya?
 

Top