Pelajaran 5 *23-29 Juli 2016

#1
YESUS DALAM MENJANGKAU MASYARAKAT

SABAT PETANG

Untuk Pelajaran Pekan Ini, Bacalah : Luk.4:16-19; 10:25-37; Mat.5:13; Yes.2:8; Yoh.4:35-38; Mat.13:3-9.

AYAT HAFALAN: "Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu" (Matius 4:23).

Robert Louis Stevenson, yang dikenal karena kisah petualangannya Treasure Island, dulunya adalah seorang anak yang sakit-sakitan yang tidak bisa pergi ke sekolah secara teratur. Akhirnya orangtuanya mempekerjakan seorang guru untuk mengajarinya dan seorang pengasuh untuk membantu kebutuhan pribadinya. Suatu malam ketika pengasuhnya datang untuk memeriksa sebelum dia tidur, ia keluar dari tempat tidur, dan kedua tangan dan hidungnya menempel di jendela. Pengasuhnya dengan tegas menyuruh dia kembali ke tempat tidur sebelum dia menggigil.

Robert berkata kepadanya, "Mendekatlah ke jendela, dan lihatlah apa yang sedang aku lihat." Sang pengasuh mendekat untuk melihat. Di bawah, di jalan, ada petugas lampu menyalakan lampu jalan. "Lihat," kata Robert, "seorang pria menyodok lubang dalam kegelapan."—Margaret Davis, Fear Not! Is There Anything Too Hard for God? (Aspect Books), hlm. 332.

Kita telah melihat sedikit apa yang Perjanjian Lama katakan tentang membantu mereka yang membutuhkan. Kita sekarang akan melihat apa yang Perjanjian Baru katakan, dan apa tempat yang lebih baik untuk memulai selain dengan Yesus? Dan salah satu pengajaran Yesus yang terkenal adalah bahwa kita menjadi "terang dunia" (Mat. 5:19). Dengan demikian, kita merefleksikan Yesus "Terang dunia sesungguhnya" (Yoh. 8:12). Pengajaran Yesus, yang Dia peragakan dalam pelayanan pribadi-Nya di bumi, memberikan petunjuk kuat mengenai bagaimana kita, melalui Dia, dapat menyodok lubang dalam kegelapan.

*Pelajarilah pelajaran pekan ini sebagai persiapan untuk Sabat, 30 Juli.