What's new

PERNYATAAN MISI YESUS

#1
Minggu, 24 Juli 2016

Pernyataan Misi Yesus

Yesus, Rabi muda dari Nazaret, telah menjadi sangat terkenal di wilayah Galilea (Luk. 4:15), Ketika Dia berbicara, "takjublah orang banyak itu mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat mereka" (Mat. 7:28, 29). Di satu hari Sabat, ketika diberikan gulungan kitab Yesaya, Yesus membaca dua ayat pertama dari Yesaya 61, berhenti di tengah-tengah kalimat sebelum bagian "dan hari pembalasan Allah kita" (Yes. 61:2).

Bacalah Lukas 4:16-19. Di manakah kita mendengar kata-kata ini sebelumnya? (Lihat Yes. 61:1, 2). Apakah yang Yesus sedang nyatakan dengan membaca ayat-ayat tersebut?
__________________________________________
Sebagaimana kita telah lihat, ungkapan "tahun rahmat Tuhan" diidentifikasikan sebagai tahun Yobel (lihat Imamat 25). Dalam kunjungan ke Nazaret ini, Yesus mengutip bagian mesianik dari Alkitab dan memastikan pendengar-Nya bahwa: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya" (Luk. 4:21). Dalam khotbah ini Dia menyatakan Diri-Nya sendiri sebagai Yang Diurapi yang mengkhotbahkan kabar baik kepada orang-orang miskin, pembebasan kepada orang-orang tertawan, penglihatan bagi orang-orang buta, kelepasan bagi orang-orang yang tertindas, dan tahun yobel pemulihan. Daftar ini menjelaskan dengan baik pelayanan-Nya di bumi yang difokuskan pada pengajaran, penyembuhan, dan pelayanan, khususnya kepada mereka yang membutuhkan.

Mengapakah Yesus berhenti sejenak dari menyelesaikan kalimat dalam Yesaya 61:2?
____________________________________________________________________________________
Kemungkinan Yesus berhenti sejenak dari ungkapan "hari pembalasan Allah kita" karena Yesus tidak mau pelayanan-Nya dikaitkan dengan konsep sebelumnya bahwa Mesias akan datang untuk memimpin tentara untuk mengalahkan para penindas Israel dan membawa mereka di bawah kekuasaan Israel. Itu adalah konsep yang salah yang akan, sayangnya, menahan banyak dari rekan sebangsanya dari melihat Dia dan pelayanan-Nya yang sesungguhnya. Sebaliknya, Dia fokus pada apa yang Dia akan lakukan bagi mereka yang membutuhkan apa yang Ia harus berikan saat itu juga, terlepas dari situasi politik saat ini.

Apakah yang seharusnya hal itu nyatakan kepada kita bahwa Yesus mengumumkan pelayanan-Nya dengan cara ini; yaitu, apa yang harus kita ambil untuk diri kita sendiri oleh penekanan-Nya di sini akan pekerjaan praktis yang kita akan kerjakan?
 

Top